5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan – Anggur merah adalah jenis anggur yang dibuat dengan cara menghancurkan dan memfermentasi anggur utuh berwarna gelap. Varietas umum termasuk Nerello Mascalese, Merlot, Cabernet Sauvignon, Pinot noir, dan Blend Red. Warna anggur dapat bervariasi dari ungu pekat, merah bata hingga coklat tergantung pada usia mereka.

Anggur pertama kali didokumentasikan sebagai obat buatan manusia dalam tablet Mesir dan Sumeria kuno sejak 2200 SM. Sejak itu ia memiliki sejarah pengobatan yang panjang dan dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes kardiovaskular, sindrom metabolik, dan kematian dini. Nah, ini memang menunjukkan anggur merah sebagai obat mujarab untuk vitalitas dan kesehatan yang baik.

5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Apa yang Memberi Manfaat Kecantikan Anggur Merah?

Anggur merah terbuat dari buah anggur, dan anggur kaya akan beberapa antioksidan. Mereka dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah katekin, resveratrol, epicatechin, dan proanthocyanidins.

Studi mengungkapkan bahwa resveratrol, antioksidan yang ada di kulit anggur, memiliki manfaat anti-penuaan dan kesehatan jantung . Flavonoid seperti antosianin yang memberi warna merah pada anggur memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Proanthocyanidins dikaitkan dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka membantu menjaga kolagen dan elastisitas kulit, sehingga berkontribusi pada kulit yang tampak lebih muda dan bebas kerut. Antioksidan ini juga membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam anggur merah dapat meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL), yang dikenal sebagai “kolesterol baik” dalam tubuh. Polifenol dalam anggur merah, terutama resveratrol, ditemukan melindungi lapisan pembuluh darah di jantung dan mengurangi pembekuan darah.

Selain itu, tanin dalam anggur merah membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, kemungkinan bahwa segelas anggur merah setiap hari selama empat minggu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 16%, dan mengurangi jumlah fibrinogen (senyawa pembekuan) sebesar 15%.

Umur panjang

Penelitian mengungkapkan bahwa resveratrol dalam anggur merah dapat meningkatkan umur sebanyak 60%. Antioksidan dalam anggur merah memberikan tingkat energi yang lebih tinggi dan mengaktifkan respons stres evolusioner dalam sel manusia yang dapat meningkatkan umur panjang.

Menurut sebuah penelitian, anggur dapat meningkatkan umur dengan menginduksi gen umur panjang. Studi lain oleh Stanford Center mengungkapkan bahwa resveratrol dalam anggur merah dapat melindungi neuron kita dari efek penuaan yang tidak diinginkan. Faktanya, peminum anggur merah memiliki tingkat kematian 34% lebih rendah daripada vodka atau minuman bir.

Manfaat Kulit

Anggur merah ditemukan sangat bermanfaat bagi kulit. Dikemas dengan antioksidan seperti flavonoid, resveratrol, dan tanin, melindungi kulit dari penuaan dengan memulihkan kolagen dan serat elastis. Anggur merah ditemukan mengandung AHA alami, sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang membersihkan pori-pori, membersihkan jerawat dan mengurangi kemungkinan berjerawat di masa depan.

Gunakan toner dengan cara mengoleskannya secara lembut pada wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan pembersih ringan, sebaiknya organik seperti sabun African Black. Polifenol dalam anggur merah dapat membantu mencerahkan kulit kusam dan asam amino dalam anggur merah menyegarkan kulit dan memberikan cahaya yang sehat.

Rambut Sehat

Flavonoid dan antioksidan hadir dalam anggur merah membantu dalam pembentukan keratin sehingga mencegah kekurangan keratin dalam tubuh Anda. Antioksidan dalam anggur merah yang kaya melawan radikal bebas memberi Anda rambut yang sehat dan berkilau. Ia juga dikenal untuk meremajakan dan memperbaiki rambut rusak.

Anggur merah juga menghambat kerontokan rambut dan mengurangi ketombe dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Anda dapat mencoba mencampurnya dengan beberapa minyak esensial untuk rambut untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Bilas rambut Anda dengan anggur merah setelah Anda keramas dan kondisikan untuk mendapatkan kunci berkilau dalam waktu singkat. Untuk mendapatkan manfaat secara internal, minumlah anggur merah dalam porsi kecil setiap hari untuk mendapatkan rambut yang indah.

Mempromosikan Tidur Lebih Baik

Minumlah sedikit anggur merah sebelum tidur untuk menenangkan dan merilekskan tubuh dan pikiran Anda. Anggur merah ditemukan memiliki konsentrasi melatonin yang tinggi, yang merangsang jam tubuh dan pola tidur internal Anda, sehingga memastikan tidur yang nyenyak dan nyenyak. Melatonin adalah hormon alami yang ada dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk merangsang pola tidur. Anggur merah yang kaya akan senyawa ini adalah Merlot, Cabernet Sauvignon, dan Pinot Nero.

5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Meskipun anggur merah bermanfaat bagi kita dalam banyak hal, namun mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan bahaya kesehatan. Anggur bersifat asam dan mengandung gula juga – yang merupakan sesuatu yang perlu Anda pertimbangkan. Anda dapat minum sedikit hampir setiap hari tetapi hindari minum berlebihan . Jumlah ideal yang harus Anda minum adalah 150 ml, mengandung 127 kalori. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi Anda!

Hindari sepenuhnya jika Anda sedang hamil, memiliki penyakit jantung atau hati/pankreas atau jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun. Sebaiknya tanyakan kepada dokter Anda tentang rekomendasi khusus bagi Anda untuk memastikan konsumsi anggur merah yang aman untuk rambut, kulit, dan kesehatan Anda.

Share