10 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Menurut Sains

10 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Menurut Sains

10 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Menurut Sains – Anggur telah menjalani studi intensif selama bertahun-tahun dan telah terbukti menjadi obat mujarab yang efektif. Siapa bilang seorang pria membutuhkan mata air awet muda untuk berumur panjang? Tuangkan segelas anggur dan sebotol beberapa manfaat mengejutkan. Kami mengumpulkan beberapa fakta dan keingintahuan menarik tentang bagaimana anggur dapat memengaruhi kesehatan Anda. Ambillah dengan enteng, kenali minuman pilihan Anda, dan minumlah dengan secukupnya.

10 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Menurut Sains

Anggur telah mengalami banyak penelitian yang telah menemukan berbagai hubungan antara peningkatan kualitas hidup dan konsumsi. Di zaman kuno, karena kelangkaan air, anggur telah menjadi kebutuhan penting dalam hidup daripada kemewahan, sehingga melambangkan rezeki dan kehidupan. Bahkan di awal zaman, anggur telah membuktikan nilainya dalam hal mempertahankan kehidupan. Hingga saat ini, masih ada penelitian yang sedang berlangsung tentang mengapa anggur dianggap sebagai salah satu ramuan paling kuat yang dikenal manusia.

Namun, hal pertama yang harus disadari adalah kuantitas itu penting dan sebagian besar penelitian menunjukkan hasil dalam gelas per hari atau minggu. Bagaimanapun, menyimpan semuanya selama seminggu untuk pesta selama akhir pekan telah terbukti dikaitkan dengan nol manfaat kesehatan. Jadi saran kami adalah Anda menikmati setiap tegukan, merasakan setiap tekstur dan aroma anggur Anda. Minumlah, perlahan-lahan saat ditanam di kebun anggur dan diproduksi, dengan cinta dan perhatian.

1. Minum Anggur Mendukung Umur Panjang

Resveratrol adalah polifenol yang paling banyak ditemukan terutama dalam anggur merah. Ini adalah antioksidan kuat yang dapat ditemukan di kulit anggur dan jus anggur merah. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan organ kita.

Studi menunjukkan bahwa resveratrol meningkatkan kesehatan dan umur panjang dengan meningkatkan aktivitas protein yang disebut sirtuin. Sirtuin bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari penyakit penuaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol, terutama anggur, telah menunjukkan manfaat kesehatan yang menyebabkan rentang hidup lebih lama. Meskipun demikian, studi ini menekankan bahwa manfaat positif hanya datang dengan konsumsi moderat.

Hal yang menjadi Kunci: Jika Anda ingin melindungi tubuh Anda dari penyakit penuaan, mengkonsumsi anggur dalam jumlah sedang memberikan manfaat kesehatan yang positif yang dapat menyebabkan umur panjang.

2. Minum Anggur Membantu Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Sejak zaman kuno, penyakit kardiovaskular (CVD) telah menjadi masalah yang mengancam jiwa bagi dunia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini, banyak orang masih meninggal setiap tahun karena CVD daripada penyakit lain dan telah menjadi penyebab kematian dan kesakitan nomor 1 di seluruh dunia.

Banyak peneliti telah menunjukkan bahwa asupan polifenol dikaitkan dengan penurunan risiko CVD. Anggur mengandung polifenol yang dapat ditemukan secara aktif dalam flavonoid yang juga memiliki sifat antioksidan diduga.

Polifenol ini sekali lagi disebut resveratrol yang dapat membantu melindungi lapisan pembuluh darah di jantung. Mengkonsumsi 1 hingga 2 minuman per hari (4 hingga 8 ons) dapat mengurangi risiko CVD.

Minum anggur dapat membantu dalam menurunkan low-density lipoprotein (LDL) juga dikenal sebagai kolesterol jahat yang dapat menyebabkan kerusakan arteri sekaligus meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) tubuh yang juga dikenal sebagai kolesterol baik yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, anggur mencegah pembentukan gumpalan darah.

Hal Utama: Minum 4 hingga 8 ons anggur per hari dapat menurunkan risiko terkena CVD karena polifenol yang dikandungnya.

3. Nutrisi Dalam Anggur Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

Orang yang tumbuh selalu memiliki rasa takut kehilangan semua kenangan berharga mereka. Beberapa percaya itu tidak bisa dihindari, namun, ada ratusan cara untuk mencegahnya. Salah satunya adalah dengan meminum wine.

Demensia adalah gangguan kronis atau persisten dari proses mental yang secara bertahap berlangsung selama usia tua. Studi menunjukkan bahwa konsumsi anggur dapat mengurangi risiko demensia yang sering menyebabkan penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah kemunduran mental yang berkembang yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Sekali lagi, resveratrol yang ditemukan dalam anggur membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka, sehingga pasokan oksigen dan glukosa yang penting dapat bergerak bebas ke otak untuk membuatnya tetap hidup dan bekerja.

Takeaway Kunci: Resveratrol yang dapat ditemukan pada anggur menjaga pembuluh darah bebas dari penyumbatan yang dapat mempengaruhi fungsi otak dalam mempertahankan ingatan.

4. Minum Anggur Dapat Mencegah Depresi

Depresi telah menjadi gangguan umum tetapi serius bagi sebagian orang karena dapat mempengaruhi bagaimana Anda merasa, berpikir dan menangani aktivitas sehari-hari. Ini mungkin terdengar kontradiktif, karena kebanyakan orang tahu bahwa konsumsi alkohol dapat memperburuk depresi atau kecemasan seseorang. Terlepas dari itu, minum segelas anggur per minggu dapat berubah menjadi depresan yang melawan depresi.

Sebuah studi tujuh tahun yang dilakukan oleh PREDIMED menganalisis 5.500 orang peminum ringan sampai sedang dan menemukan bahwa orang yang minum dua sampai tujuh gelas anggur dalam seminggu kurang rentan terhadap depresi daripada non-peminum.

Sekali lagi, ini tentang minum dalam jumlah sedang karena dalam penelitian yang sama mereka yang minum minuman beralkohol berat lebih rentan terhadap depresi.

Takeaway Kunci: Menikmati dua hingga tujuh gelas anggur dalam seminggu mungkin merupakan obat Anda untuk depresi.

5. Minum Anggur Dapat Memberi Anda Kulit Lebih Sehat

Kandungan antioksidan yang tinggi pada wine, bila dioleskan langsung ke kulit dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Antioksidan meremajakan kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap cerah dan bercahaya.

Dalam mengkonsumsi wine sebagai minuman, wine dapat merangsang peredaran darah yang dapat mencegah pembentukan kerutan dan penuaan kulit. Namun, ketika seseorang minum berlebihan, itu membuat aliran hormon kehilangan keseimbangan dan dapat menyebabkan dehidrasi kulit dan memperburuk kemungkinan timbulnya jerawat.

Takeaway Kunci: Anggur mengandung antioksidan dan polifenol yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Minum Anggur Dapat Membantu Mencegah Obesitas

Ada perbedaan antara kelebihan berat badan dan obesitas. Kegemukan mengacu pada jumlah kelebihan berat badan yang mungkin berasal dari otot, tulang, lemak, dan air. Obesitas, di sisi lain, mengacu pada jumlah lemak tubuh yang berlebihan.

Berdasarkan data Global Health Observatory (GHO), setidaknya 2,8 juta orang di dunia meninggal setiap tahun akibat kelebihan berat badan atau obesitas.

Anggur, khususnya anggur putih, mengandung antioksidan yang disebut epicatechin, quercetin, dan resveratrol. Antioksidan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga dapat mendukung penurunan berat badan dengan membakar lemak perut dan dengan mengurangi peradangan yang umumnya terkait dengan obesitas.

Takeaway Kunci: Anggur putih meningkatkan penurunan berat badan dengan membakar lemak perut dan dengan mengurangi sifat anti-inflamasi.

7. Minum Anggur Membantu Meningkatkan Pertahanan Tubuh Anda

Konsumsi anggur setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menurut para peneliti. Etanol, komponen kimia dari minuman beralkohol dan anggur juga membantu meningkatkan potensi vaksinasi.

Minum anggur dalam jumlah sedang dapat membantu mengembangkan kekebalan yang dapat melawan 200 virus. Anggur mengandung antioksidan tingkat tinggi dalam bentuk flavonoid yang dapat melawan virus dengan kuat.

Buktinya, anggur merah bisa membantu menyembuhkan gejala flu dan pilek. Polifenol resveratrol dapat mencegah virus berkembang biak begitu mereka memasuki sistem tubuh.

Takeaway Kunci: Konsumsi anggur setiap hari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan tingkat tinggi yang melawan virus.

8. Minum Anggur Memperkuat Tulang

Peneliti sebelumnya telah mengaitkan minum anggur moderat dengan peningkatan kepadatan tulang. Seiring bertambahnya usia manusia, tulang menjadi lebih tipis dan lebih lemah. Studi baru menunjukkan bahwa minum anggur dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang paling sering terjadi pada wanita setelah mereka mencapai tahap menopause. Osteoporosis membuat tulang rapuh dan lebih rapuh dengan peningkatan kerentanan terhadap patah tulang.

Satu atau dua gelas anggur per hari dapat melindungi wanita dari penipisan tulang. Tampaknya konsumsi anggur yang sedikit menjembatani ketidakseimbangan antara tulang tua yang larut dan produksi tulang baru yang buruk yang dapat menyebabkan osteoporosis pada wanita yang lebih tua.

Takeaway Kunci: Osteoporosis dapat dikurangi melalui konsumsi anggur sederhana pada wanita yang lebih tua.

9. Anggur Dapat Melindungi Gigi Kita Dari Plak Gigi

Anggur dapat membantu mencegah karies gigi dengan menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang ditemukan dalam biofilm oral menurut penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society. Anggur dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Polifenol, anggur, dan ekstrak biji anggur dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang bertanggung jawab atas pembentukan plak dan kerusakan gigi. Meskipun anggur merah dapat membantu mengurangi bakteri ini, kesehatan mulut yang optimal masih dihasilkan dari kebersihan gigi setiap hari.

Menyikat gigi, flossing, dan kunjungan rutin ke dokter gigi masih merupakan rekomendasi terbaik, tetapi memasukkan anggur ke dalam diet Anda dapat meningkatkan pertahanan Anda terhadap lusinan kemungkinan penyakit gigi dan gusi.

Takeaway Kunci: Anggur dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Meskipun demikian, rutinitas kebersihan gigi setiap hari masih merupakan cara terbaik untuk melindungi gigi kita dari pembusukan.

10. Minum Anggur Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Dokter mata, Milind Pande, dari Vision Surgery, mengatakan bahwa resveratrol yang dapat ditemukan dalam anggur mungkin bermanfaat bagi mata. Resveratrol mencegah kerusakan otot mata terkait usia. Salah satu kerusakan otot mata yang berkaitan dengan usia ini disebut Degenerasi Makula.

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan dan dianggap sebagai penyakit mata yang tidak dapat disembuhkan. Ini adalah kerusakan bagian tengah retina, yang disebut makula, yang merekam gambar yang kita lihat.

Makula adalah yang bertanggung jawab atas kemampuan Anda untuk membaca, mengenali, dan melihat objek secara detail. Resveratrol yang terdapat dalam anggur dan anggur mencegah pertumbuhan pembuluh darah di mata yang dapat menyebabkan degenerasi makula.

Takeaway Kunci: Anggur dapat mencegah kerusakan otot mata yang berkaitan dengan usia. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada wortel dan minum anggur Anda untuk kesehatan mata yang lebih baik.

10 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Menurut Sains

Portugal adalah salah satu negara tertua di Eropa dan sebagian besar kebun anggurnya berasal dari berabad-abad yang lalu, beberapa telah bertahan dan berkembang sejak sebelum zaman Romawi.

Lembah Douro yang terletak di utara Portugal adalah wilayah anggur tertua di dunia, terutama terkenal dengan anggur Port, serta beberapa anggur merah terkenal di dunia lainnya.

Maka tidak mengherankan, bahwa dalam pembuatan anggur Portugal, kebun anggur dan kilang anggur merupakan bagian yang mendasari budaya dan identitas negara yang kuat. Lihat sendiri, dan nikmati negara trendi yang penuh tradisi dan cita rasa.

Share