5 Anggur Putih Paling Populer Yang Ada Di Dunia

5 Anggur Putih Paling Populer Yang Ada Di Dunia

5 Anggur Putih Paling Populer Yang Ada Di Dunia – Anggur putih adalah anggur yang menyegarkan dan segar dengan aroma buah dan bunga. Buat teman dan keluarga Anda terkesan dengan pengetahuan Anda tentang aroma anggur putih, daerah penghasil, dan pasangan makanan setelah membaca artikel ini tentang lima anggur putih terpopuler.

Anggur putih adalah anggur yang paling serbaguna; anggur mereka dapat ditanam di banyak wilayah di seluruh dunia dengan kualitas yang sangat baik. Sebagian besar kilang anggur dan penjual anggur berasal dari Eropa, tetapi wilayah penghasil anggur putih juga mencakup Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

5 Anggur Putih Paling Populer Yang Ada Di Dunia

Banyak daerah penghasil anggur putih di Amerika Serikat telah menerima perhatian internasional untuk anggur mereka yang lezat, terutama New York, California, Oregon, dan Washington.

Pasangan makanan anggur putih sama serbagunanya dengan daerah penghasil. Apakah itu anggur putih kering atau manis, itu berpasangan dengan hampir semua hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup.

Yang paling umum adalah hidangan pembuka piring keju, salad koki, makanan laut asap atau panggang, dan makanan penutup puding atau krim.

Chardonnay

Anggur putih Chardonnay adalah yang paling terkenal dari lima anggur putih terpopuler. Jenis anggur putih ini memiliki rasa buah atau jeruk yang kaya dengan tubuh yang lebih berat daripada anggur putih lainnya. Chardonnay hadir sebagai anggur putih bersoda atau sebagai anggur putih diam (tidak berkarbonasi).

Muncul dalam berbagai rasa dan dianggap sebagai anggur buah kering dengan kelembutan yang lembut. Yang paling populer adalah Chardonnay beraroma mentega dan ek yang berasal dari penuaan anggur dalam tong kayu ek. Chardonnays sering digambarkan memiliki rasa apel, jeruk, atau melon.

Wilayah penghasil anggur putih Chardonnay Prancis adalah Chablis, tempat kilang anggur telah membuat anggur terbaik sejak abad ke-12. Kunjungi Chablis.net untuk informasi lebih lanjut. Iklim Napa Valley California yang hangat sering kali menghasilkan anggur putih yang lebih beraroma jeruk.

Di Australia, Pabrik Anggur Jacob’s Creek telah memenangkan penghargaan lokal dan internasional, sementara Pabrik Anggur Grgich Hills di Napa Valley dianggap oleh beberapa orang sebagai salah satu pembuat Chardonnay paling populer di dunia.

Untuk pasangan makanan anggur putih Chardonnay, lihat lembar contekan cepat ini:

  • Dengan makanan pembuka. Sajikan Chardonnay dengan keju provolone atau Gruyere di atas piring dengan berbagai kacang, zaitun hitam, dan kerupuk. Chardonnay juga cocok dengan makanan pembuka seafood seperti kue kepiting, tiram, kerang isi, dan salmon asap.
  • Dengan hidangan utama. Hidangan dengan saus rim, seperti ayam al a king, daging babi krim, dan risotto udang krim, adalah pasangan makanan Chardonnay yang sangat baik. Lobster, ikan todak, dan salmon apa pun juga akan dipasangkan dengan Chardonnay.
  • Dengan makanan penutup. Pasangan makanan anggur putih Chardonnay termasuk irisan apel, buah mangga, nanas, dan kebanyakan melon. Makanan penutup krim kental seperti puding labu akan mengimbangi rasa kering Chardonnay.

Gewürztraminer

Anggur Gewürztraminer menjadi semakin populer di kalangan penikmat anggur putih, menjadikan anggur tradisional Jerman ini yang kedua dalam daftar lima anggur putih terpopuler ini.Gewürztraminer mendapatkan namanya dari kata Jerman untuk rempah-rempah, gewurz.

Anggur putih ini juga dikenal dengan nama Traminer, yang merupakan induk dari anggur Gewürztraminer. Traminer, bagaimanapun, tidak menghasilkan aroma pedas dan bunga yang sama seperti anggur putih Gewürztraminer.

Jenis anggur putih Gewürztraminer kering atau manis, dan paling baik dikonsumsi segera setelah pembotolan. Aromanya berat dan pedas, dan hadir dalam berbagai rasa, tergantung pada area tumbuh dan proses pembuatan anggur. Madu, labu, kayu manis dan mawar adalah yang paling umum. Seperti aroma anggur putih jenis ini, warnanya juga emas yang lebih berat dengan warna kemerahan.

Daerah penghasil gewürztraminer lebih sejuk, karena buah anggur yang digunakan untuk membuat jenis anggur putih ini akan cepat matang, namun membutuhkan kesabaran saat berada di pokok anggur. Daerah penghasil anggur putih Gewürztraminer adalah wilayah Alsace di Prancis dan wilayah penghasil Pflaz di Jerman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang daerah penghasil anggur putih Gewürztraminer, kunjungi Germanwineestates.com atau Vinsalsace.com. Daerah penghasil Gewürztraminer Amerika juga sangat populer. Anggur putih Gewürztraminer diproduksi di iklim yang lebih sejuk. Pabrik anggur Amerika yang memenangkan penghargaan berlokasi di Washington, Oregon, dan California.

Pasangkan anggur putih Gewürztraminer dengan makanan berikut:

  • Keju. Sajikan dengan sepiring keju biru ringan, keju krim, Mozzarella, Fontana, Gouda, dan keju Swiss. Piring keju dan buah dengan apel, aprikot, pir, persik, jeruk keprok, dan mandarin membuat piring pesta yang luar biasa.
  • Makanan pembuka atau hidangan pertama. Pasangan makanan anggur putih termasuk salad hijau berdaun atau salad Waldorf, tiram asap, dan dapat dipasangkan dengan sebagian besar sup.
  • Quiche
  • Daging panggang atau barbeque
  • Masakan Asia atau Cajun
  • Pizza nanas
  • Tumis Teriyaki

Pinot Blanc

Pinot Blanc adalah jenis anggur putih ringan dan buah yang menyerupai Chardonnay, tetapi sedikit lebih kering dengan lebih banyak rasa apel daripada jeruk. Pinot Blanc adalah anggur putih netral dengan keasaman tinggi, yang membuat jenis anggur putih ini sangat netral untuk banyak pasangan makanan.

Daerah penghasil Pinot Blanc memiliki dampak besar pada kualitas anggur putih jenis ini. Ini adalah anggur yang kuat yang ditanam di banyak daerah, termasuk kilang anggur California, Oregon dan Washington.

Secara internasional, ini berasal dari wilayah penghasil anggur putih Alsace di Prancis, serta wilayah Jerman, Italia, dan Hongaria.

Daerah penghasil anggur putih Pinot Blanc ini akan menghasilkan anggur full body dan sangat kering, sedangkan anggur Pinot Blanc Austria dan Jerman dapat menghasilkan anggur manis kering.

Jenis anggur putih Pinot Blanc sangat netral dan umumnya akan dipasangkan dengan sebagian besar makanan berbumbu ringan. Cobalah dengan makanan ini:

  • Keju. Keju ringan apa pun, seperti cheddar ringan dan Brie.
  • Hidangan utama. Sebagian besar makanan laut dan daging berbumbu ringan, terutama ayam dan unggas lainnya, seperti burung puyuh adalah pasangan yang cocok. Jika disajikan dengan pasta, jaga agar sausnya tetap ringan daripada krim.
  • Hidangan penutup. Pinot Blanc dapat disajikan dengan buah atau pai ringan apa pun.

Pinot Grigio dan Pinot Gris

Pinot Grigio adalah tiruan dari Pinot Gris. Keduanya sangat diakui sebagai lima anggur putih paling populer dan anggur putih paling populer keempat di Amerika Serikat.

Kedua buah anggur tersebut dikenal menghasilkan anggur putih yang kering, renyah, dan ringan. Warna umumnya kuning keemasan dan Pinot Grigio dan Pinot Gris tajam dan buah. Jenis anggur putih ini halus untuk diminum dan meningkat seiring bertambahnya usia.

Pinot Gris berasal dari Abad Pertengahan di wilayah Alsace di Prancis, dan kadang-kadang disebut sebagai Tokay d’Alsace. Pinot Grigio ditanam di wilayah Italia Lombardy, Alto Adige, dan wilayah penghasil anggur putih Fruili-Venesia Giulia.

Itu juga dibudidayakan di wilayah penghasil anggur putih selatan Australia di Victoria, dan di pulau-pulau utara dan selatan Selandia Baru dan saat ini merupakan anggur putih keempat yang paling banyak dibudidayakan di Selandia Baru. Amerika Serikat, Oregon dan California telah menghasilkan anggur putih terbaik dan paling aromatik.

Di Oregon, pembuat anggur David Lett memperkenalkan Pinot Grigio dengan Kebun Anggur Eyrie miliknya, yang terletak di Lembah Willamette yang terkenal dan bersejarah di Oregon. Menurut Eyrievineyards.com, produksi tahunan sekitar 10.000 kasus.

Di California, Bargetto Winery telah memproduksi anggur buatan tangan di Pegunungan Santa Cruz sejak 1933, dan telah memenangkan penghargaan lokal dan internasional untuk Pinot Grigio mereka.

Pinot Grigio dan Pinot Gris adalah anggur putih musim semi yang segar dan segar. Coba pasangan ini:

  • Makanan Pembuka. Jenis anggur putih ini cocok dengan hidangan pembuka ringan apa pun mulai dari keju, kacang, roti, dan kerupuk yang tajam hingga ringan.
  • Kursus utama. Makanan laut, ayam, pasta, dan salad segar adalah pasangan makanan anggur putih yang enak. Ini bisa dalam berbagai makanan dari pedas hingga ringan dan buah.
  • Hidangan penutup. Cobalah berbagai irisan melon dan buah-buahan seperti aprikot, persik. Tukang buah dan es krim vanila juga membuat makanan anggur putih yang enak dipasangkan dengan Pinot Grigio dan Pinot Gris.

Riesling

Riesling telah menjadi jenis anggur putih favorit selama ratusan tahun, dan meskipun yang terakhir dalam daftar, ini tentu saja salah satu yang paling mudah beradaptasi dari lima anggur putih paling populer.

Ini adalah anggur putih yang sangat serbaguna dan ringan yang hadir dalam berbagai rasa. Aromanya sering buah dan bunga, dengan apel, pir, dan sedikit mawar yang lembut.

Anggur Riesling memiliki kecenderungan untuk menyerap kandungan mineral bumi, dan sering kali memiliki sedikit granit atau batu.

Sejauh menyangkut rasa, Riesling adalah varian bunga dan mineral dari Chardonnay. Riesling hadir sebagai anggur putih manis atau kering.

Jenis kering Riesling biasanya memiliki ‘Trocken’ pada botolnya, dan Riesling yang manis diberi label ‘Auslese.’ Riesling kering akan memiliki rasa lemon dan herbal bersahaja, sedangkan Riesling manis akan terasa seperti apel dan aprikot, pir, dan persik.

Catatan menarik tentang anggur putih Riesling: varietas yang paling mahal adalah panen yang terlambat. Anggur Riesling dipetik di akhir musim, setelah cukup matang untuk sejenis jamur yang disebut botrytis cinerea untuk menguapkan sebagian besar air dan menciptakan palet rasa dan warna yang lebih kaya.

Wilayah penghasil anggur putih Riesling awalnya adalah Jerman, tempat para pembuat anggur Rüsselsheim mulai memproduksinya pada abad ke-15.

Seperti kebanyakan jenis anggur putih, wilayah penghasil Riesling di Prancis adalah wilayah Alsace. Riesling juga efektif ditanam di Italia, Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Wilayah penghasil anggur putih Riesling yang paling populer di Amerika Serikat adalah Wilayah Finger Lakes di New York. Sementara Riesling sedang menurun di Oregon dan California, wilayah penghasil anggur putih Negara Bagian Washington memiliki produsen Riesling terkemuka dunia, Chateau Ste. Michelle.

Apa pasangan makanan anggur putih Riesling terbaik? Coba ini:

  • Keju. Pasangkan anggur putih Riesling dengan kulit lembut dan keju krim untuk makanan pembuka. Riesling juga akan dipasangkan dengan kue kepiting, makanan laut asap, daging deli yang dipotong dingin, dan makanan pedas atau BBQ.
  • Kursus pertama. Hampir semua salad dan sup berdaun hijau atau buah akan cocok dengan Riesling.
  • Menu utama. Pasangan makanan anggur putih Riesling termasuk makanan berbasis telur seperti telur dadar dan quiche, ikan dan makanan laut yang dipanggang, digoreng, atau diasap. Masakan Asia, Cajun, dan India juga merupakan hidangan utama yang sangat baik untuk disajikan bersama Riesling.
  • Makanan penutup. termasuk sebagian besar kue, puding, es krim, kue keju, pai, kue tar—hampir semua gurun akan cocok dengan Riesling.
5 Anggur Putih Paling Populer Yang Ada Di Dunia

Saat memilih salah satu dari lima anggur putih terpopuler yang ditunjukkan di atas, pertimbangkan rasa anggur putih yang paling mungkin Anda nikmati.

Riesling yang ringan dan renyah akan menemani makan malam keluarga atau BBQ yang akrab, sementara Pinot Blanc domestik Prancis adalah anggur netral yang membuat hadiah makan malam yang luar biasa.

Pasangan makanan anggur putih sangat serbaguna; mereka dapat mencocokkan hampir semua masakan dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup. Anggur putih paling baik disajikan dingin, dan beberapa lebih baik disajikan lebih awal daripada tua.

Share